4 Cara Mengetahui Biji Kopi Segar

Administrator   |   Kesehatan  |   Rabu, 05 Juni 2019 - 15:42:27 WIB   |  dibaca: 125 kali
4 Cara Mengetahui Biji Kopi Segar

Sumber gambar : klikkabar.com

Kopi seperti yang diketahui oleh penggemarnya memiliki aromayang nikmat dan rasa yang khas. Biji kopi yang baru dipetik sudah memiliki rasabawaan namun proses roasting membuat karakter-karakter dan cita rasa kopi lebihkeluar dari biji kopi. Karena proses roasting itu biji kopi memiliki rasa khasseperti karamel, fruity bahkan bunga.

Namun, aroma, rasa dan kualitas tersebut tidaklah selamanyabaik, karena kopi sama seperti organisme lainnya yang memiliki batas pakai ataukadaluarsa. Tak hanya aromanya yang menghilang, rasanyapun berkurang bila bijikopi terpapar udara bebas. Untuk itu banyak sekali yang menyarankan untukmenyeduh kopi dalam jangka waktu tertentu, dan tak lagi menggunakannya bilatelah melewati batas tertentu pula.

Kopi pada dasarnya tidak disimpan hingga berbulan-bulanapalagi bertahun-tahun. Sejatinya kopi dikonsumsi tidak sampai satu bulan demimenjaga kualitas dan rasanya. Hal ini tentu sudah diketahui olehbarista-barista di coffee shop. Namun bagaimana dengan anda yang inginmembuat kopi sendiri di rumah? Biji kopi seperti apa yang masih segar? Apakahanda mengetahuinya?

Nah, cara di bawah ini mampu membuat anda mengetahui bijikopi seperti apa yang masih dalam keadaan segar.

1. Bijikopi terlihat mengkilap

Kopi yang telah melalui proses roasting akan berwarnacokelat terang hingga cokelat gelap karena kelembaban biji kopi telah menguapbersama panasnya proses roasting. Lalu, biji kopi yang telah kering tersebutsecara simultan mengeluarkan zat-zat yang mirip dengan minyak, itulah yangmembuat biji kopi terlihat mengkilap. Namun bila biji kopi telah terpapar di udara bebas dalam waktu yang lamamaka akan membuat lapisan kilap tadi semakin memudar, dan biji kopi terlihatkurang berminyak.

2. Cekresidunya

Biasanya biji kopi dalam kemasan masih dalam keadaan segar,paling lama 2 hari dari tanggal roastingnya maka akan sulit mengecek residubiji kopi karena memang biji kopi yang berada di dalam toko masih dalam keadaansegar semua.

Namun bila ingin mengecek kesegarannya di dalam toko makatak perlu membuka bungkus dari kemasan biji kopi cukup lihat di dasar kemasan,apakah terdapat semacam remah-remah biji kopi? Bila ada maka itulah yangdisebut dengan residu biji kopi.

Bila anda sudah membeli biji kopi tersebut untuk di bawapulang lalu menyimpannya beberapa hari maka coba cek kesegarannya dari residuyang muncul pada biji kopi. Caranya cukup mudah, genggam sekepalan biji kopi,lalu lihat telapak tangan anda, apakah terdapat residu tertingal di sana?

3. Cekkatup udara pada sealed bag

Bila anda ingin membeli biji kopi segar di Coffee Shop makacarilah kemasan yang memiliki one way air valve biasa diketahui sebagai katupudara.

Mengapa?

Katup udara pada kemasan biji kopi berfungsi sebagaipenyalur CO2 yang ada biji kopi segar. CO2 ini berasal dari proses roasting, iaakan tetap keluar dari biji kopi selama beberapa hari hingga beberapa minggusetelah proses roasting. Proses pengeluaran CO2 ini dikenal sebagai periodedegassing di dunia kopi.

Untuk itu, biji kopi segar haruslah dikemas dalam kemasanyang memiliki katup udara untuk menyalurkan CO2 tadi. Sebab, bila tidak dibericelah keluar maka akan berpengaruh pada penurunan kualitas biji kopi.

4. Bilamembeli dalam jumlah banyak, cek melalui kantong resealable bag

Mungkin anda adalah seseorang yang membeli biji kopi dalamjumlah besar sehingga tidak selalu dikemas dalam kemasan kecil. Untuk mencaritahu apakah biji kopi tersebut masih segar atau tidak maka masukkan sejumlahkecil biji kopi ke dalam kantong resealable. Pres udara dalam kantong hinggabenar-benar kempes dan tak ada lagi udara di dalamnya, lalu tunggu semalaman.Bila keesokan harinya anda menemukan kantong tersebut mengembang maka prosesdegrassing masih berlangsung dan waktu roasting masih dalam interval waktu 14hari. Namun bila kantong tidaklah mengembang alias tetap seperti sedia kalaalias tetap kempes maka dipastikan biji kopi tidaklah lagi segar.

Profil Administrator

Administrator

Administrator utama dari website : www.nachannel.com

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook