Jepang Masuk ke Jurang Resesi Ekonomi

Administrator   |   Ekonomi  |   Senin, 08 Juni 2020 - 14:41:15 WIB   |  dibaca: 9 kali
Jepang Masuk ke Jurang Resesi Ekonomi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pertumbuhan ekonomi Jepang pada kuartal I 2020 menyusut atau mengalami kontraksi 0,6 persen dibanding kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi tersebut memang lebih baik jika dibandingkan dengan yang dikhawatirkan pasar dan laporan Pemerintah Jepang.

Pasalnya, pihak berwenang sebelumnya melaporkan ekonomi Jepang akan menyusut 0,9 persen. Meskipun demikian, pertumbuhan tersebut membuat Jepang masuk dalam resesi ekonomi.

Pasalnya, angka itu mengkonfirmasi ekonomi Jepang mengalami kontraksi dua kuartal berturut-turut. Sebagai informasi, sebelum virus corona mewabah, ekonomi Jepang sudah menyusut.

Pada kuartal IV 2019 lalu, ekonomi Negeri Matahari Terbit tersebut mengalami kontraksi 1,9 persen. Kontraksi terjadi akibat kenaikan pajak dan topan yang menghantam Jepang pada akhir 2019 lalu.

Tekanan semakin menjadi setelah penyebaran virus corona. Pasalnya, virus telah menginfeksi lebih dari 17 ribu orang. 

Dari total infeksi tersebut, 900 orang di antaranya meninggal. Penyebaran virus tersebut telah membuat pihak berwenang di Jepang meminta masyarakat tetap tinggal di dalam rumah selama beberapa minggu.

Kebijakan tersebut telah mempengaruhi ekonomi Jepang. Sebagian besar analis percaya ekonomi Jepang akan semakin tertekan dalam beberapa bulan mendatang karena dampak dari pembatasan kegiatan masyarakat tersebut.

Profil Administrator

Administrator

Administrator utama dari website : www.nachannel.com

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook