14 Anak Panti Asuhan Kalsel Positif Corona, Pengasuh Tertular dari Donatur

Administrator   |   Kesehatan  |   Sabtu, 13 Juni 2020 - 09:42:39 WIB   |  dibaca: 15 kali
14 Anak Panti Asuhan Kalsel Positif Corona, Pengasuh Tertular dari Donatur

Jakarta - Sebanyak 14 anak panti asuhan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), positif virus Corona (COVID-19). BNPB mengatakan mereka tertular dari pengasuh yang diduga terpapar dari donatur.

"Sebanyak 14 anak panti asuhan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dilaporkan positif mengidap virus corona atau COVID-19. Mereka diketahui terpapar corona dari seorang pengasuh. Mungkin pengasuh itu terpapar dari donatur atau pemberi sumbangan," kata Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Sabtu (13/6/2020).

Kepala Karantina Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Diklat (BPPD) COVID-19 Kalsel dr Hera sebelumnya mengatakan belasan anak panti asuhan yang positif itu sudah menjalani karantina di Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Diklat (BPPD) Kalsel. Kondisi mereka baik dan ceria.

"Alhamdulillah kondisinya baik dan mereka ceria menjalani masa karantina di sini. Kami masih menunggu hasil lab swab mereka yang diambil di sini dua kali. Sebelumnya, mereka terkonfirmasi positif dari hasil swab di Kabupaten Banjar. Mudah-mudahan swab dua kali ini hasilnya negatif, jadi mereka bisa pulang," ujar Hera, Kamis (11/6/2020).

Belasan anak panti itu dites swab pada 16 Mei oleh Dinkes Kabupaten Banjar. Mereka lalu menjalani karantina di Gedung BPPD pada 30 Mei.

Hera menuturkan, selama dikarantina, 14 anak itu pun tetap melakukan aktivitas seperti biasa, tanpa keluhan sedang hingga berat. Bahkan sejumlah anak panti asuhan ini terlihat melakukan aktivitas membaca dan bermain catur sebelum melaksanakan salat Asar di musala.

Panti asuhan akhirnya ditutup dan disterilisasi demi mencegah meluasnya persebaran virus Corona dalam satu kawasan. Koordinator Karantina Provinsi Kalimantan Selatan Sukamto mengatakan, untuk mencegah penularan COVID-19, pasien terkonfirmasi positif tidak boleh melakukan karantina mandiriBerdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, total penghuni panti asuhan tersebut 27 anak. Sebanyak 13 anak lainnya yang tidak tertular virus Corona langsung dipulangkan ke rumah masing-masing.

Profil Administrator

Administrator

Administrator utama dari website : www.nachannel.com

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook