Terawan Siapkan Rp3,8 T Buat Uang Muka Vaksin Corona WHO

Administrator   |   Kesehatan  |   Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:44:32 WIB   |  dibaca: 35 kali
Terawan Siapkan Rp3,8 T Buat Uang Muka Vaksin Corona WHO

Jakarta, CNN Indonesia - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan kementeriannya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,8 triliun untuk pembayaran uang muka vaksin virus corona (Covid-19) yang dikembangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama Gavi (aliansi vaksin) dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) melalui skema pembiayaan sukarela kepada COVAX Advance Market Commitment (AMC).

"Vaksin ini masuk ke organisasi dunia, dalam rapat kemarin kami siapkan beberapa anggaran. Pertama adalah pembayaran keanggotaan dari Gavi dan mengenai uang muka," kata Terawan dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8).

"Anggarannya akan kami sampaikan ke Komisi IX kalau enggak salah Rp3,8 triliun sebagai uang muka supaya kita dapatkan vaksin tersebut," ujarnya lagi.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Kemenkes juga menganggarkan anggaran Rp103 triliun untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, anggaran tersebut bersumber dari Daftar Isiaan Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemenkes.

"Di dalamnya sudah termasuk tambahan anggaran untuk penanggulangan Covid-19 sebesar Rp25,7 triliun, di mana yang Rp22,9 triliun adalah untuk pembiayaan perawatan pasien Covid-19 dan insentif tenaga kesehatan," ujarnya.Terawan menerangkan anggaran tersebut sudah termasuk insentif untuk tenaga kesehatan dan perawatan pasien Covid-19 sebesar Rp22,9 triliun.

Untuk diketahui, WHO mengumumkan bahwa ada 75 negara yang bersedia bergabung dengan fasilitas COVAX untuk mendukung percepatan dan perkembangan vaksin Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2.

COVAX sendiri adalah mekanisme yang dirancang untuk menjamin ketersediaan akses vaksin Covid-19 di seluruh dunia secara cepat, adil, dan setimpal.

"COVAX adalah satu-satunya solusi global untuk pandemi Covid-19. Negara-negara yang bergabung akan mendapat jaminan vaksin Covid-19," kata CEO The Vaccine Alliance Gavi, Dr Seth Berkley dikutip dari laman resmi WHOSebanyak 75 negara tersebut nantinya akan membiayai vaksin dari anggaran keuangan mereka dan bermitra dengan puluhan negara dengan ekonomi rendah. WHO akan menyumbangkan dana sukarela untuk 90 negara berpenghasilan rendah dari COVAX Advance Market Commitment (AMC) Gavi.

Profil Administrator

Administrator

Administrator utama dari website : www.nachannel.com

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook