Ada di Afsel-Inggris, Ini Mutasi Corona yang Diklaim Lebih Menular hingga Ganas

Administrator   |   Kesehatan  |   Senin, 21 Desember 2020 - 11:42:17 WIB   |  dibaca: 44 kali
Ada di Afsel-Inggris, Ini Mutasi Corona yang Diklaim Lebih Menular hingga Ganas

Jakarta - Baru-baru ini, para ilmuwan kembali melaporkan adanya varian baru Corona yang diduga lebih ganas. Varian ini ditemukan di Afrika Selatan.

Tak hanya di Afrika Selatan, sebelumnya juga banyak ditemukan varian baru virus Corona yang disebut lebih berbahaya, lebih menular dan ganas dari yang teridentifikasi pertama kali di Wuhan, China. Varian baru tersebut ditemukan di Inggris hingga Malaysia.

Berikut detikcom rangkum beberapa varian baru virus Corona yang ditemukan di beberapa negara di sepanjang tahun ini dari berbagai sumber.

1. Afrika Selatan

Varian baru Corona yang ditemukan dan diidentifikasi para ilmuwan di Afrika Selatan adalah 501.V2. Varian ini juga disebut menjelaskan bagaimana penyebaran COVID-19 di gelombang kedua di negara tersebut bisa terjadi begitu cepat.

"Varian ganas dari virus Corona telah terdeteksi di Afrika Selatan yang berpengaruh pada penyebaran cepat gelombang kedua, dan menyerang orang yang lebih muda," kata Menteri Kesehatan Zwelini Mkhize, yang dikutip dari Straits Times.

"Dikenal sebagai Varian 501.V2, itu diidentifikasi oleh para peneliti Afrika Selatan dan rinciannya telah dikirim ke Organisasi Kesehatan Dunia," lanjut Zwelini Mkhize dalam sebuah pernyataan.

Tim peneliti yang dipimpin Kwazulu-Natal Research Innovation and Sequencing Platform (KRISP) mengurutkan ratusan sampel Corona sejak wabah merebak di sana, dan menemukan varian baru ini semakin mendominasi dua bulan belakangan.

2. Inggris

National Health Service (NHS) mengatakan bahwa varian baru Corona yang ditemukan di Inggris baru-baru ini diklaim lebih menular. Menurut kepala petugas medis Inggris, Chris Whitty, ini berdasarkan data kasus Corona yang terus melesat di Inggris bagian selatan.

Dikutip dari Euronews, Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock pertama kali mengumumkan bahwa ada varian baru virus Corona (versi virus yang bermutasi) di London dan Inggris Tenggara.

"Analisis awal menunjukkan bahwa varian ini tumbuh lebih cepat dari varian yang sudah ada," ujar Hancock. Ia mengatakan lebih dari 1.000 kasus telah diidentifikasi di 60 wilayah otoritas lokal yang berbeda.

Jenis varian baru Corona itu diberi nama 'VUI - 202012/01' karena varian pertama yang diselidiki pada bulan Desember. Public Health England (Lembaga kesehatan masyarakat Inggris) mengatakan hingga 13 Desember lalu, terdapat 1.108 kasus terkait varian baru ini.

3. Singapura

Para peneliti di Singapura juga menemukan varian baru COVID-19 yang menyebabkan infeksi yang tidak begitu parah. Melihat ini, para ahli berpikir bahwa temuan ini bisa memberikan jalan baru terkait pembuatan vaksin.

Dikutip dari The Straits News, varian baru Corona ini ditemukan pada delapan pasien yang dirawat di rumah sakit di Singapura. Varian baru virus ini dikenal sebagai ORF8, dan sudah menyebar sekitar empat minggu pada Maret 2020.

4. Malaysia dan Filipina

Beberapa waktu lalu, varian baru Corona juga ditemukan di Malaysia dan Filipina pada Agustus 2020 lalu. Varian yang ditemukan di kedua negara dikenal dengan D614G.

Otoritas kesehatan Malaysia melaporkan mutasi D614G telah terdeteksi di Malaysia. Mutasi yang disebut paling menular ini ditemukan Institut Penelitian Medis Malaysia, dari empat kasus di antara dua klaster atau kelompok COVID-19 di negara tersebut.

"Ini ditemukan 10 kali lebih menular dan mudah disebarkan oleh 'super-spreader' individu," imbuhnya saat berbicara soal varian mutasi Corona, yang dikutip dari The Straits Times.

Sementara di Filipina, para peneliti melalui Philippine Genome Center (PGC), melaporkan adanya varian virus baru yang diyakini jauh lebih menular yaitu D614G. PGC mengkonfirmasi keberadaan D614G ini dalam sampel kecil kasus positif dari kota Quezon

Profil Administrator

Administrator

Administrator utama dari website : www.nachannel.com

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

Dyilsk
12 Maret 2021 - 06:28:29 WIB

canadian online pharmacy tadalafil - <a href="http://tadalafiltbs.com/">tadalafil 20mg vs cialis</a> buy tadalafil generic online http://tadalafiltbs.com/

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook